Komunikasi Dalam Organisasi
Di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkomunikasi
dengan orang yang ada disekitar kita karena kita merupakan makhluk sosial. Dan
saat melakukan komunikasi kita membutuhkan orang lain. Komunikasi adalah hal
penting yang ada di dunia ini dengan komunikasi kita bisa mengetahui beberapa
kejadian yang diceritakan manusia lain kepada kita. Dengan begini komunikasi
adalah hal yang sangat penting, sehingga kita juga dalam berkomunikasi
memerlukan etika hingga orang lain merasa nyaman saat berkomunikasi dengan
kita. Dalam organisasi atau perusahaan juga membutuhkan komunikasi yang baik
antara atasan bawahan antara karyawan dan antara perusahaan dengan masyarakat
umum.
Komunikasi dapat digolongkan dalam 3 kategori yaitu :
1. Komunikasi antar pribadi
Komunikasi ini diterapkan antara individu dalam usaha
menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pengertian,
sehingga dengan demikian dapat tercapai keinginan bersama.
2. Komunikasi kelompok
Prinsip dalam melakukan suatu komunikasi yang ditekankan
adalah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi lebih luas dalam usaha
menyampaikan informasi, komunikasi dalam berkelompok tidak seperti komunikasi
antar pribadi.
3. Komunikasi massa
Komunikasi massa
melalui alat yaitu media massa yang meliputi media cetak dan media
elektronik. Dengan landasan konsep-konsep komunikasi sebagaimana yang telah
diuraikan, maka kita dapat memberi batasan tentang komunikasi dalam organisasi
atau perusahaan secara sederhana yaitu komunikasi antar manusia yang terjadi
dalam konteks organisasi atau perusahaan. Meminjam definisi Goldhaber,
komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan
yang bersifat saling bergabung satu sama lain.
a. Downward comunications
Adalah komunikasi yang berlangsung ketika orang-orang berada
pada tataran manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya.
Fungsi arus komunikasi dari atas ke bawah ini sebagai
berikut :
- Pemberian atau penyimpanan instruksi kerja
- Penjelasan dari pimpinan tenteng mengapa suatu tugas perlu
untuk dilaksanakan.
- Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang
berlaku.
- Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih
baik.
b. Upward comunication
Adalah komunikasi yang terjadi ketika bawahan mengirim pesan
kepada atasannya.
Fungsi arus
komunikasi dari awah ke atas ini adalah :
- Penyampaian informasi tentang pekerjaan atau pun tugas
yang sudah dilaksanakan.
- Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan
pekerjaan atau pun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahan.
- Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan.
- Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri
maupun pekerjaannya.
c. Horizontal comunication
Adalah tindak komunikasi ini berlangsung diantara para
karyawan atau pun bagian yang memiliki kedudukan yang setara.
Fungsi arus
komunikasi horizontal ini adalah :
- Memperbaiki koordinasi tugas
- Upaya pemecahan masalah
- Saling berbagi informasi
- Upaya pemecahan konflik
- Membina hubungan melalui kegiatan bersama
No comments:
Post a Comment